Saat ini, bisnis online shop mulai banyak diminati. Selain strategi pemasarannya yang dinilai lebih efektif, bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar jika dibandingkan bisnis offline. Bisnis onine shop juga menawarkan waktu kerja yang lebih fleksibel sehingga bisa dijadikan sebagai usaha sampingan. Jika anda merupakan salah satu peminat bisnis ini, berikut cara membuat bisnis online shop 2020 agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Cara Mudah Memulai Bisnis Online Shop

1. Mempersiapkan Rencana yang Matang

Segala sesuatu akan lebih baik jika dimulai dengan rencana, begitupun dengan bisnis online. Membuat perencanaan yang matang dapat menjadikan usaha anda lebih baik. Dengan perencanaan, anda bisa memperhitungkan kendala apa saja yang bisa terjadi di kemudian hari, jenis barang seperti apa yang ingin dijual, bagaimana cara mendapatkan barang hingga proses pengiriman yang dipilih, sehingga anda akan lebih mudah menjalankan usaha tersebut.

Anti Ribet, Yuk Simak Cara Membuat Bisnis Online Shop 2020 yang Menguntungkan

2. Memilih Target Pasar

Langkah kedua yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis online adalah menentukan target pasar yang akan dituju. Sebaiknya anda memilih target yang sesuai dengan produk yang anda jual. Misalnya anda menjual produk make up, maka target pasar yang sesuai adalah kalangan mahasiswa hingga ibu-ibu muda yang suka berdandan. Menentuan target pasar ini sangat penting agar barang yang dijual tepat sasaran.

3. Memperhitungkan Kompetitor Bisnis

Dalam menjalankan usaha pasti ada orang lain yang menjual barang yang sama. Namun, setiap penjual memiliki sesuatu yang bisa dilebihkan dibandingkan penjual lain, misalnya harga nya yang lebih terjangkau, kualitasnya yang lebih bagus, atau pengirimannya yang lebih cepat. Cara membuat bisnis online shop 2020 adalah dengan memperhitungkan saingan bisnis sehingga dapat menganalisis ancaman yang akan hadapi nantinya.

Anda dapat memetakan kompetitor bisnis dengan menyusun tabel SWOT. Analisis SWOT akan membantu anda untuk memperhitungkan keebihan bisnis yang anda jalani dibandingkan bisnis lain. Kelebihan apa saja yang akan anda berikan pada produk anda sehingga mampu mendatangkan kesempatan yang lebih besar dibandingkan penjual yang lain. Dengan begitu, peluang mendapatkan keuntungan yang lebih besar bisa anda capai.

4. Menggunakan Promosi yang Menarik

Salah satu stategi pemasaran yang dinilai cukup efektif adalah dengan menggunakan sistem promosi yang menarik bagi calon customer. Cobalah memancing konsumen untuk membeli produk anda dengan melakukan beberapa hal. Misalnya mengadakan giveaway dengan memberikan syarat tertentu seperti melakukan share postingan sebanyak-banyaknya. Atau anda dapat menawarkan cashback dengan minimal pembelian tertentu.

Selain cara di atas anda juga dapat memberikan diskon pembelian pada hari-hari besar seperti saat hari raya atau harbolnas. Meskipun dengan promosi anda harus mengeluarkan biaya lebih banyak. Namun, produk anda akan lebih dikenal orang sehingga anda memiliki peluang mendapatkan pembeli yang lebih banyak.

Anti Ribet, Yuk Simak Cara Membuat Bisnis Online Shop 2020 yang Menguntungkan ini

5. Memanfaatkan Media Sosial Untuk Pemasaran

Media sosial memiliki peranan yang sangat besar untuk keberlangsungan bisnis online. Apalagi saat ini, bisa dikatakan hampir setiap orang memiliki akun media sosial untuk memudahkan komunikasi. Bagi anda yang baru memulai bisnis online sebaiknya menggunakan media sosial untuk melakukan pemasaran sebelu membuat website. Dengan memakai media sosial, konsumen akan lebih mudah menemukan produk yang anda jual.

Memulai usaha online shop memang terlihat lebih mudah, karena anda tidak perlu menyewa kios untuk memajang barang. Produk anda juga lebih mudah berpeluang dikenal kalangan yang lebih luas bahkan hingga luar negeri. Namun, bisnis ini membutuhkan ketelatenan karena anda harus bersaing dengan penjual lain dengan produk yang sama. Anda dapat menawarkan kualitas yang lebih bagus untuk mendapat untung yang lebih besar.