Apakah kamu saat ini merasa tertekan dengan berbagai hal ? Memiliki begitu banyak beban pikiran dan masalah, sudah pasti akan menambah beban pikiran yang dapat membuat kita menjadi setress. Gangguan mental ini tidak hanya berdampak pada kondisi psikis, namun juga berpengaruh kepada kehidupan diri kita sendiri. Untuk itu, segera cari tahu cara menghilangkan setress untuk mengelola tingkat pikiranmu pada ulasan berikut.

Cara Menanggulangi Stress

1. Olahraga Lari

Ketika kita sedang banyak pikiran, tentu hal yang harus dilakukan adalah kembali merilekskan diri dari seluruh masalah tersebut. Salah satu cara untuk merileks kan diri adalah dengan berolahraga lari. Menurut sebuah penelitian yang telah dilakukan, olahraga lari dapat memperbaiki mood, hingga meningkatkan produksi endorphin atau hormon bahagia di dalam tubuh.

2. Melakukan Yoga

Saat mengalami begitu banyak tekanan, tentunya kita perlu menenangkan diri untuk sejenak. Cobalah melakukn yoga, untuk kembali mengembalikan mood dan pikiran kita. Meditasi telah terbukti ampuh, untuk memperbaiki mood bagi para penderita setress hingga depresi. Cobalah untuk rutin melakukan yoga minimal pose penangkal setres seperti child’s pode, hingga camel pose.

3. Menulis Jurnal

Salah satu hal yang membuat kita semakin jatuh dalam pemikiran kita sendiri adalah, tidak adanya ruang untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan. Untuk beberapa kasus, mungkin mereka telah menemukan seseorang yang dapat dipercaya untuk berbagi masalah. Namun bagi kamu yang sulit terbuka, maka cara menghilangkan setress dapat melalui menulis jurnal.

Cara Menghilangkan Setress dengan Mudah dan Efektif

4. Puasa Gadget

Sebuah penelitian di California menemukan bahwa, dengan mengecek email setiap hari mampu dan menjadi faktor penyebab setres. Pengguna internet yang terlalu aktif, juga mengakibatkan 5 kali lebih besar terkena depresi. Oleh karena itu segera batasi dirimu dari dunia maya maupun internet, dan berikan waktu tenang untuk diri sendiri tanpa teralu sering berkontak dengan gadget.

5. Memelihara Binatang

Berinteraksi dengan binatang mampu membantu tubuh untuk melepaskan hormon oxytocin, bahkan hal ini pun telah terbukti melalui sebuah penelitian yang telah dilakukan. Menurut penelitian tersebut, dengan mengelus anjing atau kucing selama 10 menit, dapat menurunkan hormon stres dalam jumlah yang signifikan.

6. Mengurangi Gula dan Kafein

Meskipun terlihat remeh, nyatanya gula dan kafein juga ampuh dalam menghilangkan tingkat setress dalam tubuh. Mungkin beberapa orang beranggapan, ketika setress maka kita membutuhkan kadar gula. Padahal, justru gula atau kafein yang berlebihan akan meningkatkan tingkat setres dan memicu kegelisahan.

7. Mengurangi Daging Merah

Saat mengalami setress, umumnya kita cenderung mengonsumsi makanan yang enak dan membuat ketagihan. Hal ini lah yang menjadi alasan, mengapa ketika setress selalu menimbulkan berat badan yang bertambah. Apabila sering mengonsumsi daging berlemak, maka dapat menyebabkan kesulitan dalam berpikir jernih.

8. Pijat Selama 15 Menit

Ketika kita sedang setress, maka hampir seluruh otot di tubuh kita akan menegang. Utamanya otot di bagian pundak dan kepala, tak heran jika setress pun dapat membuat kita cepat lelah atau pusing. Untuk itu, cobalah melakukan pijak selama 15 menit dalam 2 kali seminggu. Menurut jurnal internasional, pijat mampu menurunkan stress dan menenangkan sistem saraf yang menegang.

9. Istirahat Cukup

Jika kamu mengalami setress akibat pekerjaan, maka sudah saat untuk mengambil cuti sehari untuk istirahat secara total. Dalam keadan setress sudah pasti kualitas kerja akan menurun, dan hasil pekerjaan pun tidak akan bisa maksimal. Oleh karena itu, ambilah satu hari untuk benar-benar istirahat dan menyembuhkan rasa lelah dalam tubuh.

Pasang surutnya sebuah masalah, terkadang cukup sulit untuk kita jalani. Namun sesungguhnya ketika masalah sedang menyerang kita tidak harus selalu dalam posisi siaga, ada kalanya kita perlu diam sejenak sekedar menenangkan diri dan mengembalikan energi. Jika kamu sedang dalam keadaan setress, tak ada salahnya untuk mengambil satu hari untuk beristirahat dan menenangkan diri.