Tulang rusuk merupakan bagian rangka di dalam tubuh yang berfungsi untuk melindungi organ-organ yang ada di dalam tubuh seperti paru-paru, jantung, organ pencernaan dan pembuluh darah. Kondisi tulang rusuk yang patah bisa menyebabkan luka pada organ-organ tersebut. Gejala ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri akibat sentuhan pada tulang rusuk yang patah. Berikut ini resiko patah tulang rusuk yang parah pada organ tubuh bagian dalam.

Resiko yang Terjadi Akibat Patah Tulang Rusuk

1. Pendarahan yang Serius

Tulang rusuk terdiri dari 12 pasang yang melingkari bagian dada. Tulang rusuk yang patah di bagian atas dan ujung tulang rusuk yang tajam bisa menyebabkan penusukan pada pembuluh darah yang ada di rongga dada menjadi robek. Kondisi ini tentunya bisa menyebabkan pendarahan yang serius. Apabila tidak segera ditangani, tulang rusuk yang patah pada bagian atas dada bisa membahayakan nyawa dan menyebabkan kematian.

Cedera yang Berbahaya, Inilah Resiko Patah Tulang Rusuk pada Organ Dalam

2. Cedera Pada Paru-Paru

Tulang rusuk bagian tengah berfungsi untuk melindungi organ pernapasan yaitu paru-paru. Paru-paru memiliki peran yang sangat penting yaitu sebagi tempat pertukaran udara, yaitu udara yang mengandung karbondioksida ditukar dengan yang kaya oksigen. Namun apabila terjadi cedera sehigga menyebabkan rusuk patah, maka bagian ujung nya yang tajam bisa menyebabkan cedera pada organ paru-paru yang ada di dalamnya.

Cedera tersebut menyebabkan timbulnya nyeri ketika menarik napas. Rasa nyeri akan semakin parah jika anda mengalami batuk. Selain rasa nyeri, resiko patah tulang rusuk yang parah dan bisa menyebabkan cedera yang sangat fatal sehingga mengakibatkan paru-paru mengempis dan fungsi organ tersebut menjadi terganggu. Kodisi ini akan memicu kolaps pada jaringan paru-paru sehingga terjadi pneumothorax (paru-paru tertusuk).

3. Fungsi Jantung Terganggu

Salah satu organ penting yang berada di dalam lingkaran tulang rusuk adalah jantung. Jantung memiliki peranan yang sangat penting yaitu memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh bagian tubuh. Apabila terjadi patah pada tulang rusuk dan bagia yang tajam mengenai jantung, maka bisa menyebabkan cedera sehingga fungsi jantung dalam memompa darah menjadi terganggu dan suplai darah yang bersih tidak bisa berjalan dengan baik.

4. Mencederai Ginjal

Ginjal merupakan organ yang vital bagi tubuh yang berfungsi untuk menyaring darah. Ginjal terletak di bagian dada bawah. Jika tulang rusuk yang patah di bagian ini dan ujung tulang tajamnya mengenai organ ginjal sehingga menyebabkan kerusakan, maka hal ini berakibat pada pendarahan yang serius dan membahayakan nyawa. Maka dari itu, anda harus segera memeriksakan ke dokter jika mengalami kondisi demikian agar mendapat penanganan yang tepat.

Cedera yang Berbahaya, Inilah Resiko Patah Tulang Rusuk pada Organ Dalam

5. Resiko pada Hati dan Limpa

Hati merupakan organ pencernaan pada tubuh yang berfungsi menetralkan racun. Sedangkan limpa merupakan kelenjar yang berfungsi dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Kedua organ ini memiki peranan yang sangat vital. Tulang rusuk yang patah dan merobek kedua organ tersebut dapat menyebabkan fungsi kerjanya terganggu dan bisa saja menyebabkan tubuh lebih rentan terhadap infeksi akibat sistem kekebalan tubuh yang bermasalah.

Tulang iga atau rusuk yang patah akan sangat beresiko jikalau bagian ujungnya yang tajam melukai organ dalam. Sedangkan jika patahnya ringan, maka kondisi ini bisa sembuh dengan sendirinya. Kerusakan tersebut bisa pulih dalam waktu sekitar 6 minggu. Namun, apabila cedera yang terjadi cukup parah sehingga tulang rusuk sampai menembus organ yang vital, maka sebaiknya anda segera mendatangi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.