Tak hanya menulis resolusi di taun yang baru, mengintip tanggal merah di taun yang akan datang juga kerap dilakukan. Dengan begitu anda bisa menjalankan resolusi seperti berlibur di tanggal merah yang ada. Tidak menampik jika hari libur memang selalu ditunggu oleh banyak orang. Bagi anda yang penasaran dengan hari libur nasional 2020 mendatang, maka simak ulasan berikut sehingga anda tidak terlewat dan bisa merencanakan lebih awal.

Mengintip Tanggal Merah di Tahun 2020 Mendatang

1. Libur Nasional

Kalender hari libur secara nasional ini memang telah ditetapkan oleh pemerintah. Kesepakatan menentukan hari libur ini tentunya telah berpedoman pada beberapa peraturan. Salah satunya pada PP No. 24 tahun 1976 yang mengatur tentang Cuti PNS dan juga PP No. 11 tahun 2017 yang berisi Manajemen Pegawai Sipil Negara. Tak hanya itu, hari libu secara nasional juga berpedoman pada Keppres No. 3 tahun 1983.

Jangan Sampai Terlewat, Yuk Intip Hari Libur Nasional 2020 ini

Dengan adanya keputusan tersebut diharapkan hari libur nantinya bisa menjadi pedoman untuk segala instansi. Baik pemerintah maupun instansi swasta untuk mempertimbangkan efisiensi dan juga efektivitas di hari kerja pada tahun 2020. Tak hanya libur, cuti bersama juga harus diperhatikan apalagi ketika Hari Raya Idul Fitri. Dimana hal ini akan mempengaruhi arus mudik serta arus balik lebaran.

Libur nasional pada bulan Januari 2020 terdapat 2 yakni pada 1 Januari sebagai Tahun Baru 2020 M dan 25 Januari sebagai Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili. Berikutnya hari libur nasional 2020 juga didapati di bulan maret. 22 Maret sebagai Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW dan 25 Maret sebagai Hari Suci Nyepi. Di bulan April jatuh pada 10 April sebagai peringatan Wafat Isa Al Masih.

Bulan Mei terdiri dari 1 Mei sebagai peringatan Hari Buruh Internasional, 7 Mei sebagai Hari Raya Waisak, 21 Mei sebagai Kenaikan Isa Al Masih dan 24 hingga 25 Mei menjadi Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dan 31 Juli sebagai peringatan Hari Raya Idul Adha. Bulan Agustus libur nasional jatuh tanggal 17 Agustus yakni Hari Kemerdakaan RI dan 20 Agustus sebagai Tahun Baru Islam 1442 H.

29 Oktober sebagai Maulid Nabi Muhammad SAW dan 25 Desember sebagai Hari Raya Natal. Dengan mengetahui libur secara nasional ini tentunya akan membuat anda mudah untuk merencanakan sesuatu. Terutama untuk peringatan peringatan keagamanan yang memang selalu dinanti di setiap tahunnya. Hari Libur ini juga masih memiliki cuti bersama yang mungkin berlaku untuk beberapa perusahaan saja.

Jangan Sampai Terlewat, Yuk Intip Hari Libur Nasional 2020 itu

2. Cuti Bersama

Cuti Bersama di tahun 2020 jatuh pada tanggal 22, 26 dan juga 27 Mei. Tanggal tersebut diajukan sebagai cuti bersama karena bertepatan akan datangnya Hari Raya Idul Fitri. Anda tentunya membutuhkan waktu tersebut untuk mudik atau menyiapkan segala hal. Sementara cuti bersama selanjutnya jatuh pada tanggal 24 Desember untuk menyambut hari Raya Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember 2020 mendatang.

Dengan mengetahui tanggal tanggal merah atau cuti bersama, memungkinkan anda untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Sehingga bisa menikmati liburan atau mudik dengan lebih nyaman dan leluasa. Tak heran jika mengintip hari libur atau tanggal merah menjadi hal yang sering dilakukan begitu kalender baru didapatkan. Karena hari libur menjadi kesempatan untuk menghabiskan waktu liburan atau moment dengan keluarga di setiap tahunnya.