Vitamin merupakan salah satu zat yang penting bagi tubuh dan dibutuhkan oleh sel untuk menjalankan fungsi kerjanya. Namun, kebutuhan vitamin bagi tubuh tidak sebesar karbohidrat, lemak dan protein. Konsumsi vitamin yang berlebihan justru bisa menyebabkan gangguan kesehatan, apalagi jika vitamin tersebut larut dalam lemak. Berikut ini bahaya kelebihan vitamin yang menumpuk di dalam tubuh.

Bahaya pada Tubuh Apabila Kelebihan Vitamin

1.Vitamin A

Vitamin A sangat penting bagi tubuh dan memiliki manfaat seperti menjaga kesehatan mata dan kulit. Namun, megkonsumsi vitamin A yang overdosis dapat meningkatkan resiko tulang sehingga mengalami osteoporosis. Apalagi jika asupan vitamin A perhari sebanyak 1,5 mg, maka tulang akan lebih mudah patah. Jika sudah mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, sebaiknya anda tidak perlu menambahkan suplemen vitamin A.

Konsumsi Overdosis, Yuk Simak Bahaya Kelebihan Vitamin pada Tubuh ini

2. Vitamin B

Vitamin B memiliki banyak macam antara lain vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12. Setiap jenis vitamin B memiliki peranan yang berbeda-beda di dalam tubuh, seperti menjaga kesehatan sistem syaraf, ataupun membantu dalam proses pembentukan sel darah merah. Vitamin B banyak ditemukan pada sayuran, buah-buahan maupun kacang-kacangan. Bahaya kelebihan vitamin ini bisa menyebabkan mual, kulit kemerahan dan gangguan pada hati.

3. Vitamin C

Sumber vitamin C berasal dari makanan seperti jeruk, wortel, kentang maupun brokoli. Vitamin ini sangat penting bagi tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit. Selain itu, vitamin C juga membantu proses penyembuhan luka agar mudah kering. Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan gusi membengkak dan sariawan. Namun, kelebihan vitamin ini bisa menyebabkan muntah hingga sakit perut.

4. Vitamin D

Asupan vitamin D bisa didapatkan dari makanan seperti daging merah, hati, minyak ikan, maupun telur. Vitamin D juga bisa diproduksi sendiri oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari pada pagi hari. Vitamin ini berperan dalam menjaga kesehatan dan kekuatan gigi dan tulang. Namun kelebihan vitamin ini bisa menyebabkan masalah yang serius. Hal ini karena vitamin D yang berlebih akan menumpuk dan menyebabkan batu ginjal.

5. Vitamin E

Vitamin E memiliki peranan yang sangat penting yaitu menjaga jaringan tubuh dan kesehatan kulit. Vitamin ini bisa ditemukan pada makanan seperti sayuran, buah maupun daging. Selain itu, vitamin E juga tersedia dalam bentuk suplemen yang biasa di jual di apotek. Namun, konsumsi yang overdosisi bisa menyebabkan memar dan ruam serta timbulnya rasa letih. Bahkan resiko paling fatal yang bisa terjadi adalah penyakit stroke.

Konsumsi Overdosis, Yuk Simak Bahaya Kelebihan Vitamin pada Tubuh

6. Vitamin K

Fungsi dari vitamin K adalah membantu proses pembekuan darah, mencegah diabetes dan mencegah pendarahan pada hati. Tidak hanya itu, ternyata vitamin ini juga berperan penting dalam mencegah penyakit kanker. Sumber vitamin K bisa diperoleh dari makanan seperti sayuran hijau, kubis, susu maupun prune. Namun kadar vitamin yang tinggi tidak baik bagi tubuh.

Jika tubuh kelebihan vitamin K bisa menyebabkan hati membesar, pucat, kesulitan bernafas dan otot menjadi kaku. Bahkan konsumsi yang overdosis juga sangat beresiko pada kelopak mata sehingga menyebabkan pembengkakan. Maka dari itu, konsumsi vitamin ini jangan sampai melebihi batas yang dibuuhkan oleh tubuh.

Kebutuhan vitamin bagi tubuh sebenarnya sudah tercukupi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin sseperti buah-buahan, sayur, daging dan ikan. Hal ini karena tubuh tidak membutuhkan vitamin dalam jumlah yang banyak. Kelebihan dalam mengkonsumsi justru bisa berbahaya bagi tubuh. Maka dari itu sebaiknya anda membatasi pemakaian suplemen vitamin agar tidak sampai overdosis dan beresiko.