Apakah anda sering berbelanja di marketplace? Apakah anda menyadari jika belanja di marketplace atau tempat belanja online lain pasti menggunakan jasa kurir bukan? hal ini dikarenakan marketplace dan jasa kurir tidak bisa dipisahkan,karena marketplace sendiri membutuhkan jasa kurir untuk mengantarkan barang penjual agar sampai ke tangan pembeli lantas apakah korelasi antara jasa kurir dan marketplace simak ulasannya berikut ini

1. Memudahkan Penjual

Seperti yang sudah dibahas di atas bahkan kehadiran jasa kurir adalah untuk dapat memudahkan penjual dan pembeli untuk menghantarkan dan menerima barang, entah seberapa jauhnya jarak yang harus ditempuh untuk mengirimkan barang tersebut. termasuk dengan marketplace.

Marketplace yang merupakan tempat para pembeli memasarkan produknya, tentu menjadikan marketplace juga butuh akan jasa kurir.

Biasanya marketplace akan bekerjasama dengan beberapa jasa pengiriman supaya lebih memudahkan pelanggan, pelanggan hanya perlu melakukan pembayaran, dan penjual hanya perlu mengirimkan barang ke tempat tujuan tanpa memikirkan lagi jasa antar barang mana yang harus mereka gunakan, karena semua itu telah diatur oleh marketplace.

Selain Itu kini banyak jasa kurir yang semakin memudahkan penjual untuk melakukan pengiriman, karena adanya sistem pick up yakni jemput barang.. kurir akan menjemput barang dari penjual tanpa harus penjual mendatangi kantor terdekat jasa kurir. Hal ini tentu akan mengefisiensikan waktu penjual, karena ia tak lagi harus menggunakan waktu untuk melakukan pengiriman, ia bisa menggunakan waktu tersebut untuk kegiatan lain misalnya packing, sambil menunggu kurir sampai untuk menjemput barang yang hendak dikirimkan ke alamat penerima.

Korelasi Jasa Kurir dan Marketplace ini

2. Memudahkan Pembeli Yang Berada Jauh Dari Tempat Penjual

Dengan adanya marketplace khususnya belanja online, dapat memudahkan para pelanggan dari penjuru indonesia untuk membeli barang atau produk secara online, namun jarak menjadi penghambat untuk melakukan pengiriman, oleh sebab itu jasa kurir hadir untuk memecahkan masalah tersebut. dengan marketplace menggunakan jasa kurir, kurir akan mengantarkan paket ke tempat pembeli dengan man dan cepat. Bahkan untuk jarak tertentu pengirimannya tak sampai lebih dari 3 hari, sedangkan jika pelanggan menginginkan waktu pengiriman yang cepat, pelanggan bisa menggunakan sistem pengiriman cepat yakni hanya memakan waktu 1 hari. Tanpa adanya jasa kurir maka marketplace tidak akan dapat melakukan pengiriman barang dengan jarak yang jauh dan harga terjangkau akhirnya pelanggan enggan berbelanja online melalui marketplace.

3. Kerjasama Marketplace dan Kurir Akan Menguntungkan Satu Sama Lain

Karena marketplace membutuhkan jasa kurir, dan jasa kurir juga membutuhkan marketplace maka mereka akhirnya mengadakan kerja sama, dan tak jarang kerjasama tersebut menghasilkan promo berupa diskon atau potongan biaya jasa antar barang. Misalnya dengan berbelanja dengan jumlah tertentu di marketplace, dengan minimum pembelanjaan sesuai dengan ketetapan, maka pelanggan akan memperoleh potongan gratis ongkos kirim. Yang nominalnya tentu akan sangat membantu pelanggan supaya tidak berat melakukan pembayaran dari ongkos kirim.

Hubungan marketplace dan jasa kurir adalah simbiosis mutualisme, dimana kedua belah pihak saling membutuhkan dan akan saling menguntungkan. Tanpa marketplace, maka pengguna jasa kurir akan berkurang, atau tidak sebanyak ika adanya marketplace. Sedangkan dengan adanya jasa kurir untuk marketplace akan mempermudah marketplace untuk menjembatani transaksi antara penjual dan pembeli yang merupakan bagian dari marketplace. Tanpa jasa kirim maka marketplace tidak akan bisa berjalan dengan baik. Dan tanpa marketplace, jasa kurir tidak akan memperoleh keuntungan yang baik